Senin, 09 Januari 2017


                       TIPE-TIPE CUSTOMER

    Memahami tipe-tipe tamu yang datang bukan merupakan bagian dari langkah-lamgkah pelayanan,tapi ini merupakan trik agar kita bisa melayani dengan prima. Kepribadian setiap tamu yang datang tidak bisa di tebak tapi karakter tamu bisa di tebak dari jenis tamu yang datang. Berikut macam-macam tamu dan  pelayanan yang diberikan:

  1. Single. Tamu perorangan biasanya memiliki karakter; santai, tidak banyak pesanan, teliti akan pesananya, apabila puas dengan pelayanan dan makanan biasanya akan memesan lebih untuk di bawa pulang.
  2. Pasangan. Tamu pasangan memiliki karakter; santai, pesananya tidak terlalu banyak yang penting bisa share, senang berlama-lama untuk ngobrol, lebih bersabar dan selalu peduli apabila dibutuhkan.
  3. Temanan. Tamu temanan atau rekanan memiliki karakter; pelayanan cepat, menu yang di pesan bervariasi, senang berlama-lama untuk ngobrol setelah jamuan makan, bila perlu tawarkanlah second drink dan deseert. bersabar dan peduli saat di butuhkan.
  4. Keluarga. Tamu keluarga memiliki karakter; pelayanan cepat dan ramah, menginginkan kehangatan seperti di rumah, menu yang di pesan bervariasi, teliti dengan pesananya, tawarkan second drink dan deseert setelah selesai makan, siap siaga untuk membantu saat di butuhkan.
  5. Kantoran. Tamu kantoran memiliki karakter; pelayanan cepat, ramah, menginginkan kesempurnaan dalam penyajian dan pelayanan, menu yang di pesan bervariasi, lebih mengutamakan menu-menu share, tidak banyak request, kesigapan, kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan lebih diutamakan.
  6. Eksekutif. Tamu eksekutif biasanya memiliki karakter; pelayanan cepat dan mewah, menginginkan kesempurnaan penyajian dan pelayanan, menu yang di pesan bevariasi, selalu siap setiap saat dibutuhkan.
  7. Reunian.Tamu reunian memiliki karakter; pelayanan cepat dan ramah, tidak banyak request, menu yang di pesan bervariasi, lebih lama menghabiskan waktu untuk ngobrol, tawarkan second drink dan deseert setelah jamuan makan, lebih santai tetapi selalu siap saat dibutuhkan.
  8. Lansia. Tamu lansia memiliki karakter; pelayanan santai, ramah dan sopan, menu yang di pesan biasa saja tetapi lebih banyak request, senang berlama-lama untuk mengobrol, kenyamanan dan kebersihan lebih utama, selalu siap membantu saat dibutuhkan.

      Karakter tamu memang berbeda-beda tetapi pada kesimpulanya semua tamu menginginkan pelayanan yang cepat, ramah, dan sopan. Memperhatikan tamu mendapat menu sesuai yang di pesan, dan selalu mendapat respon yang cepat dari waiter/waitrees saat dibutuhkan. Merupakan keinginan mendasar yang di harapkan saat tamu berkunjung ke sebuah restoran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Tips Menjadi Waiter

Di posingan ke-2 ini saya akan membahas tips menjadi seorang waiter . Kalian pasti sudah tau kan waiter itu apa? Waiter atau pramusaji ad...