Senin, 09 Januari 2017


                                  SERVICE SEQUENCE

     Service sequence atau langkah-lngkah pelayanan merupakan kemampuan dasar yang harus diketahui oleh seorang waiter/waitrees. Tidak ada artinya pengetahuan tentang menu tanpa mengetahui alur pelayanan. Adapun langkah-langkah pelayanan yang umum di lakukan si sebuah restoran sebagai berikut:


  1. Greeting. Greeting adalah salam pembuka dalam menyambut tamu/pelanggan. Setiap perusahaan memiliki greeting yang berbeda sesuai ciri khas restoran masing-masing.
  2. Mengantarkan Tamu ke Meja. Setelah menyambut tamu kita antarkan tamu ke meja sesuai dengan jumlah tamu yang datang. Apabila masih banyak tempat meja yang kosong maka sarankanlah kepada tamu untuk memilih sendiri tempat yang paling nyaman.
  3. Memberikan Buku Menu. Berikanlah buku menu dengan keadaan terbuka dan pastikan buku menu dalam keadaan bersih. Sambil memberikan menu kita juga bisa sambil menerangkan promo atau menu-menu yang direkomendasikan.
  4. Taking Order. Disinilah kita menunjukan skill kita menjual menu-menu andalan, upselling, sugestive selling, dan menjelaskan promo-promo apabila ada.
  5. Adjustment. Setelah taking order maka kita persiapkan peralatan makan yang di butuhkan. Berikanlah sendok/garpu dari sebelah kanan. Persiapkan sharing plate dan soup bowl apabila tamu memesan menu share dan soup.
  6. Mengantarkan Minuman. Sajikan minuman dari sebelah kanan tamu. Apabila ada label produk usahakn menghadap ke tamu. Jangan lupa berikan strow untuk minuman dingin/softdrink. Untuk minuman panas seperti teh dan coffee berikan sendok teh searah jam 3.
  7. Mengantarkan Makanan. Seperti halnya minuman makananpun di sajikan dari sebelah kanan tamu. Berikan makanan dan minuman sesuai pesanan sambil menyebutkan namanya. Setelah makanan tersaji semua sampaikanlah kepada tamu dan diakhiri dengan ucapan Selamat Menikmati.
  8. Clear Up. Setelah tamu terlihat selesai makan, angkatlah piring-piring kotor dan tawarkan desert. Apabila ada sisa makanan tawarkanlah untuk di bungkus. Tawarkan juga second drink apabila melihat gelas minuman kosong atau tinggal 1/4 gelas. Selain itu kita juga bisa menanyakan apakah ada kendala dalam menikmati hidangan yang di sajikan.
  9. Billing. Cek kembali pesanan saat tamu meminta bill. Apakah sudah tersaji semua atau belum pesananya. Tanyakan juga apakah ada tambahan lain selain menu yang sudah di pesan.
  10. Greeting Akhir. Ucapkan trima kasih saat tamu akan pulang dan sugest agar tamu bisa datang kembali di lain waktu.


    Setelah kita melakukan pelayanan yang ramah dan penyajian yang tepat waktu biasanya tamu yang loyal akan memberikan tip di cover bill atau langsung by hend kepada waiter/waitrees sebagai bentuk penghargaan atas pelayanan yang kita berikan. Semoga kita bisa menjadi waiter/waitrees yang berkesan dalam menjamu tamu/pelanggan yang kita layani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Tips Menjadi Waiter

Di posingan ke-2 ini saya akan membahas tips menjadi seorang waiter . Kalian pasti sudah tau kan waiter itu apa? Waiter atau pramusaji ad...